Honda Forza. |
Produsen motor Honda belum lama ini memperkenalkan skuter gambot terbaru mereka, Honda Forza. Motor ini menggendong mesin 279 cc dengan bagasi yang bisa memuat dua helm. Dengan model yang seperti PCX, boleh dibilang Forza ini Big Bro-nya skuter PCX yang sudah dijual di Indonesia. Diperkuat mesin empat tak baru dengan silinder tunggal berkapasitas 279 cc (dibulatkan menjadi 300 cc), motor ini tetaplah motor irit meski berbadan besar. Sebab tingkat efisiensinya mencapai 41 km/liter. Sementara itu, untuk memudahkan para pemiliknya, skuter Jepang ini juga memiliki kompartemen bagasi berkapasitas 53 liter di bawah joknya yang cukup untuk menyimpan dua helm.
Untuk varian standar, Honda Forza ini dilepas mulai harga 530.700 yen atau sekitar Rp 55,4 jutaan. Sementara versi yang sudah dilengkapi dengan ABS dilepas mulai dari 589.050 atau sekitar Rp 61,5 jutaan. Belum puas? Ada versi yang lebih sporty yakni Honda Forza Si versi Mugen yang juga akan dijual. Berbagai part opsional dari Mugen disiapkan untuk motor anyar ini mulai dari sistem pembuangan, dudukan pelat hingga stiker.
Desain
Motor ini memiliki wheelbase 60,9 inchi dengan tinggi jok 28,2 inchi dan kapasitas tangki sekitar 11 liter. Secara desain, motor ini terlihat mencampurkan aura sporty dengan nafas yang anggun pada tubuh sebuah big scooter. Garisnya mengalir namun tetap menyiratkan aura tegas sebuah motor besar. Desain depan yang berpadu dengan dua headlight mengalir ke samping hingga buritan. Jok two-seater diklaim mampu meningkatkan kenyamanan bagi si pengendara dan penumpangnya.
Mesin
Banyak pabrikan lain tidak serius untuk menggarap segmen skuter di lini produk mereka. Skuter-skuter dibuat hanya untuk 'yang penting ada', tapi tidak diseriusi dengan benar. Honda mengklaim tidak seperti itu. Untuk Forza Si ini, Honda mengklaim kalau mereka telah memikirkan banyak aspek di motor ini mulai termasuk dengan meracik kembali sistem Programmed Fuel Injection (PGM-FI) agar membuat motor ini tetap irit meski bertubuh besar. Menggunakan transmisi V-Matic, motor ini tidak terlalu sulit untuk digunakan. Hanya tinggal menyalakan mesin, memutar ulir gas dan motor pun berjalan. Penempatan dapur pacu berkapasitas 279 cc ini juga sudah dipikirkan masak-masak. Penempatannya benar-benar diperhitungkan untuk ada di tengah-tengah motor. Ini dilakukan agar stabilitas motor tetap tinggi dalam segala situasi. Dengan semua teknologi yang disematkan di motor ini, kemampuan efisiensi Forza pun mencapai 41 km/liter.
Spesifikasi Honda Forza :
- Mesin 279 cc liquid-cooled single cylinder four-stroke
- Bore x stroke 72.0mm x 68.6mm
- Rasio kompresi 10.5:1
- Sistem bahan bakar PGM-FI with automatic enrichment
- Full transistorized
- Valve Train SOHC; four-valve
- Transmisi Honda V-Matic belt-converter continuously variable automatic transmission
- Suspensi depan 35mm telescopic fork; 3.7 inches travel
- Suspens belakang Twin shock; 3.8 inches travel
- Rem depan Single 256mm disc with twin-piston caliper with CBS (third front brake piston is activated upon application of rear brake)
- Rem belakang Single 240mm disc with single-piston caliper with CBS (one front brake piston is activated upon application of rear brake)
- Ban depan 120/70-14
- Ban belakang 140/70-13
Ikuti pembaruan artikel blog Majalah Otomotif Online melalui: Facebook | Follow @MajalahOtomoti1