Minggu, 24 Juni 2012



: Posted on Minggu, 24 Juni 2012 - 18.20

Otonomos
Mobil Mengemudi Sendiri Mulai Dijual Pertengahan Dekade ini

Diperkirakan, pada pertengahan dekade ini, mobil otonomos atau swa-mengemudi, mulai dipasarkan oleh produsen untuk segmen premium. Namun para ahli dari perusahaan mobil menyimpulkan, teknologi tersebut tidak bisa dicangkokkan begitu saja. Faktor mendasar yang perlu dipertimbangkan adalah kebiasaan pengemudi. Masalah yang akan muncul, bagaimana pengemudi mengubah kebiasaan pada mobil Otonomos? Kalau mobil yang masih disupiri oleh manusia secara menyeluruh, pengemudi harus fokus ke jalan! Lantas bagaimana dengan pengemudi pada otonomos? Di lain hal, tidak mudah bagi setiap orang mengubah kebiasaan. Untuk itulah para ahli mempelajari tabiat manusia menghadapi perubahan. Sama dengan kondisi sekarang, mengubah kebiasaan membaca dari buku, koran atau majalah (cetak) ke media digital, yaitu tablet atau iPad atau layar komputer.

Aktivitas SMS

General Motors (GM) salah satu produsen yang sudah memastikan akan mencangkokkan teknologi Otonomos pada salah mereknya, yaitu Cadilla, baru-baru ini bersama mitra kerjanya meneliti aktivitas pengemudi pada mobil semi dan otonomos penuh. Ditemukan fakta, perhatian pengemudi dapat ditingkatkan dengan adanya asisten canggih tersebut plus fitur keselamatan lain. "Pengemudi selalu punya kebiasaan berisiko tinggi. Misalnya, mengoperasikan smarthphone atau gadget elekronik saat mengemudi. Untuk memberi rasa aman, termasuk orang-orang di sekitarnya, kami coba membuat mobil yang dapat mengemudi sendiri atau diotomatisasikan,” kata Dr. Eddy Llaneras, investigator di Virginia Tech Transportation Institute. Dengan cara ini diharapkan, jalan raya bukan lagi ajang manusia menjadi korban kelalaiannya.

Dijelaskan, satu dari tiga pengemudi yang disurvei oleh AAA Foundation’s 2011 Traffic Safety Culture Index, melakukan aktivitas, mengirim pesan singkat (SMS) atau menerima dan mengirim surat elektronik (email) selagi mengemudi. Padahal, sebagian besar mereka sebenarnya tidak suka dengan kegiatan tersebut.

Lebih fokus

GM juga melakukan penetlian, menguji perhatian visual supir yang mengudikan mobil dengan tangan di setir dan setir yang membelokkan kendaraan secara otomatis. Keduanya melaju pada kecepatan penuh, sama-sama dilengkapi "adaptive cruise control" atau kontrol jelajah pintar (bisa menyesuaikan kecepatan dengan mobil di depannya). Studi dilakukan melalui simulator di Universitas Indiana-Universitas Purdue di Indianapolis dan penelitaian oleh VTTI pada tes trek GM di Michigan.

Ketika tidak berakivitas (mobil terus jalan), pengemudi punya kecenderungan membagi perhatian visual antara jalan dengan hal lain atau tidak lagi melihat ke jalan. Di samping itu, berdasarkan studi disimpulkan, pengemudi berpengalaman dengan tambahan fitur seperti Forward Collison Alert, membuatnya lebih fokus ke jalan sampai 126 persen ketika setir otomatik dioperasikan. Kemampuan mendeteksi dan merespon kejadian di jalan raya makin tinggi.

Jarak jauh

"Sejak puluhan tahu lalu banyak orang bermimpi punya mobil yang bisa mengemudi sendiri. Kenyataan, hanya sebagian yang bisa menyesuaikan dengan teknologi ini saat pertama kali diperkenalkan. Untuk itulah studi ini dilakukan, membantu GM dan mitra risetnya menentukan metode terbaik agar pengemudi tetap terlibat mengemudikan mobilnya," kata John Capp, GM Director of Global Active Safety Electronics& Innovation.

GM kini menyiapkan teknologi Drive Assist Package yang ditanamkan pada semua Cadillac XTS dan sedan ATS yang diproduksi November mendatang. Paket ini sudah termasuk fitur adaptive cruise control kecepatan penuh dan rem darurat otomatik untuk mencegah tabrakan. Riset kebiasaan manusia bertujuan untuk membantu GM dan pemasoknya menentukan teknologi yang dibutuhkan pengemudi dan memastikan sistem Otonomos di masa yang akan datang benar-benar aman.

Beberapa peserta survei yang diteliti sangat tertarik dengan otonomos. Mereka menilai, teknologi ini bisa sangat membantu pengemudi ketika melakukan perjalanan jarak jauh. Beban kerja pengemudi akan menjadi lebih ringan. GM dan mitranya menyimpulkan, cara pengemudi berinteraksi dengan kendaraan dan teknologi keamanan aktif akan menjadi kunci mobil menjadi otonomos. Diharapkan akan membantu pengemudi, khususnya di jalan yang memungkinkan teknologi ini digunakan secara penuh.

otomotif.kompas.com


Bagikan :


Copyright © 2013. Majalah Otomotif Online | Template by Full Blog Design | Proudly powered by Blogger
Majalah Otomotif Online
Prokimal Raya Kotabumi, North Lampung, Lampung, Indonesia ID-LA