Kawasaki Ninja H2 adalah varian sepeda motor tercepat dari seri Ninja yang dirancang dan diproduksi oleh Kawasaki Heavy Industries Jepang. Kawasaki Ninja H2 didukung mesin berkapasitas 998cc yang mampu menyemburkan kekuatan hingga 200 tenaga kuda. Di Indonesia, Kawasaki Ninja H2 dipasarkan oleh PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI). |
Kawasaki Ninja H2 (Gambar 1). |
PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) akhirnya siap dengan peluncuran Ninja H2. Model flagship berstatus sebagai Ninja terkencang yang pernah diciptakan itu akan dirilis pekan ini, tepatnya Jumat (16/1/2014), di Sentul International Circuit, Bogor. Hal ini menegaskan janji KMI yang sebelumnya diutarakan dalam Indonesia Motorcycle Show 2014 beberapa waktu lalu, bahwa H2 paling lambat akan diluncurkan Januari 2015. Belum diketahui, meluncurnya H2 akan disertai juga dengan kehadiran H2R (versi sirkuit).
Sebelumnya, KMI sudah membuka pintu pemesanan sejak akhir 2014 lalu melalui jaringan dealer seluruh Indonesia. Banderol harga Kawasaki Ninja H2 tercantum jelas di website resmi, yakni Rp 580 juta on the road Jabotabek. Untuk tipe H2R sebagai varian sirkuit, tidak disebut di rilis resmi dalam website. Tapi disinyalir, harga akan mencapai Rp 1 miliar. Bersamaan dengan dibukanya pintu pemesanan, calon konsumen bisa memberikan uang tanda jadi (pre-order) Rp 50 juta.
H2 dan H2R akan menjadi varian Ninja paling ganas yang pernah diproduksi. Mesin 998cc yang dilengkapi supercharger, DOHC, 16 katup, sanggup memuntahkan tenaga 200 tk @10.000 rpm. Desain rangka diciptakan untuk kestabilan pada kecepatan tinggi dengan tingkat aerodinamis spektakuler. Keduanya dirancang menggunakan teknologi terbaru. Bahkan cat silver-mirror sangat reflektif seperti kaca, diadaptasi untuk produksi massal pertama kalinya dalam industri otomotif dan sepeda motor.
Kawasaki Ninja H2 (Gambar 2). |
Ninja H2 memiliki spesifikasi yang terbilang memuaskan penggila motor berkecepatan tinggi. Motor yang memiliki bobot hanya 238 kg itu ditanamkan mesin 998cc, DOHC, 4-silinder segaris, yang bisa mencapai 11.000 rpm. Sementara torsi puncak 144,5 Nm dicapai hanya pada putaran mesin 10.500 rpm. Tentu gambaran itu membayangkan kita bagaimana sangarnya saat motor ini dibawa melibas jalanan. Akselerasinya pun cukup mumpuni, baik putaran bawah dan menengah.
Ninja H2 memiliki dimensi panjang 2.085 mm, lebar 770 mm, dan tinggi 1.125 mm. Sementara jarak sumbu roda dibuat 1.455 mm. Bagian frame-nya dijejali teralis baja dengan lengan ayun model Mounting Plate yang mampu memberikan pengendalian ciamik di berbagai manuver.
Menurut Kawasaki, H2 juga tampil istimewa dengan leburan cat yang menggunakan larutan ion perak dan zat pereduksi. Alhasil, larutan ini membentuk lapisan perak murni pada sekujur 'raja jalanan' ini. Jok Ninja H2 dikatakan memiliki tinggi 825 mm, dengan jarak ground clearance (tanah dengan motor) sekira 130 mm.
Untuk bagian keamanan, Ninja H2 disematkan perangkat rem dari Brembo dengan dua cakram berukuran 330 mm di bagian depan, dan 250 mm di bagian belakang. Dijejali pula kaliper semi-floating, dan radial-mount monoblok pada pengereman tersebut.
Anggota keluarga baru Ninja ini rupanya hadir dengan jok yang egois, lantaran tak ada 'kursi' untuk pembonceng. Kawasaki mengklaim, hal itu sengaja dilakukan untuk menghadirkan motor dengan memprioritaskan pada akselerasi dan kecepatan tinggi. Sementara bagian peredam alias shockbreaker, Ninja H2 dibekali suspensi KYB pada bagian depan dan belakang yang sepenuhnya disesuaikan dengan karakter motor.
otomotif.kompas.com, otomotif.news.viva.co.id
Ikuti pembaruan artikel blog Majalah Otomotif Online melalui: Facebook | Follow @MajalahOtomoti1