Rabu, 14 Januari 2015



: Posted on Rabu, 14 Januari 2015 - 07.36

Kawasaki Ninja H2 adalah varian sepeda motor tercepat dari seri Ninja yang dirancang dan diproduksi oleh Kawasaki Heavy Industries Jepang. Kawasaki Ninja H2 didukung mesin berkapasitas 998cc yang mampu menyemburkan kekuatan hingga 200 tenaga kuda. Di Indonesia, Kawasaki Ninja H2 dipasarkan oleh PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI).
Kawasaki Ninja H2 adalah "supersport supercharged" kelas sepeda motor di seri sportbike Kawasaki Ninja, diproduksi oleh Kawasaki Heavy Industries, menampilkan variabel kecepatan sentrifugal tipe supercharger. Dengan diklaim 300 tenaga kuda (220 kW), yang H2R lagu-satunya varian memiliki kekuatan 50% lebih dari saingan terdekatnya, dan bisa sangat melebihi kecepatan sepeda motor produksi hampir 200 mil per jam (320 km / h) yang diselenggarakan oleh Suzuki Hayabusa atau Kawasaki ZX-12R. Senama adalah 750 cc Kawasaki H2 Mach IV, inline tiga yang diperkenalkan oleh Kawasaki pada awal tahun 1970 untuk "mengganggu apa yang dilihatnya sebagai pasar sepeda motor tidur". H2 itu pre-diumumkan oleh Kawasaki dalam kampanye penggoda 2014-an, dan secara luas diperkirakan akan sepenuhnya terungkap pada perdagangan Intermot menunjukkan tahun yang sama. Sebelum rincian lengkap yang dirilis oleh Kawasaki, supercharged inline-4 mesin dianggap oleh beberapa pengamat industri menjadi identik dengan, atau terkait erat dengan, hampir 1.000 cc inline-4 Unit dengan supercharger sentrifugal yang ditampilkan oleh Kawasaki pada 2013 Tokyo Motor Show. Kevin Cameron menerbitkan sebuah analisis menunjukkan mesin perpindahan itu, agak didorong pada 5 psi (34 kPa), akan menghasilkan 203 tenaga kuda (151 kW), baik di luar itu pemimpin Kawasaki saat ini, 168 tenaga kuda (125 kW) ZX-14 (angka tenaga kuda disajikan pada roda belakang). Mesin yang sama akan menghasilkan 257 tenaga kuda (192 kW) dengan 10 psi (69 kPa) tekanan. Analisisnya termasuk diskusi tentang manfaat supercharger dua-kecepatan untuk aplikasi ini, untuk memberikan lebih banyak kekuatan pengiriman linear (yang bertentangan dengan sepeda turbo Jepang keras dari tahun 1980-an yang menderita turbo lag). Cameron juga mengatakan dokumen paten Kawasaki menyarankan mesin akan mengandalkan menguapkan pendingin menggunakan injeksi bahan bakar pelabuhan, bukannya intercooler besar. Kawasaki mengklaim model 2013 adalah supercharger pertama yang dirancang oleh produsen sepeda motor. Pada tahun 2013, wartawan mengatakan bahwa mesin bisa daya "generasi berikutnya [Ninja] ZX-14R" sportbike. Wartawan juga mencatat bahwa Kawasaki sudah memiliki produksi inline-4 supercharged (tapi Intercooler) mesin powering Ultra 300X kerajinan air pribadi Jet Ski.

Kawasaki Ninja H2 (Gambar 1). Majalah Otomotif Online
Kawasaki Ninja H2 (Gambar 1).
Kawasaki Indonesia Rilis Ninja Terkencang Pekan Ini.

PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) akhirnya siap dengan peluncuran Ninja H2. Model flagship berstatus sebagai Ninja terkencang yang pernah diciptakan itu akan dirilis pekan ini, tepatnya Jumat (16/1/2014), di Sentul International Circuit, Bogor. Hal ini menegaskan janji KMI yang sebelumnya diutarakan dalam Indonesia Motorcycle Show 2014 beberapa waktu lalu, bahwa H2 paling lambat akan diluncurkan Januari 2015. Belum diketahui, meluncurnya H2 akan disertai juga dengan kehadiran H2R (versi sirkuit).

Sebelumnya, KMI sudah membuka pintu pemesanan sejak akhir 2014 lalu melalui jaringan dealer seluruh Indonesia. Banderol harga Kawasaki Ninja H2 tercantum jelas di website resmi, yakni Rp 580 juta on the road Jabotabek. Untuk tipe H2R sebagai varian sirkuit, tidak disebut di rilis resmi dalam website. Tapi disinyalir, harga akan mencapai Rp 1 miliar. Bersamaan dengan dibukanya pintu pemesanan, calon konsumen bisa memberikan uang tanda jadi (pre-order) Rp 50 juta.

H2 dan H2R akan menjadi varian Ninja paling ganas yang pernah diproduksi. Mesin 998cc yang dilengkapi supercharger, DOHC, 16 katup, sanggup memuntahkan tenaga 200 tk @10.000 rpm. Desain rangka diciptakan untuk kestabilan pada kecepatan tinggi dengan tingkat aerodinamis spektakuler. Keduanya dirancang menggunakan teknologi terbaru. Bahkan cat silver-mirror sangat reflektif seperti kaca, diadaptasi untuk produksi massal pertama kalinya dalam industri otomotif dan sepeda motor.

Kawasaki Ninja H2 (Gambar 2). Majalah Otomotif Online
Kawasaki Ninja H2 (Gambar 2).
Spesifikasi Kawasaki Ninja H2

Ninja H2 memiliki spesifikasi yang terbilang memuaskan penggila motor berkecepatan tinggi. Motor yang memiliki bobot hanya 238 kg itu ditanamkan mesin 998cc, DOHC, 4-silinder segaris, yang bisa mencapai 11.000 rpm. Sementara torsi puncak 144,5 Nm dicapai hanya pada putaran mesin 10.500 rpm. Tentu gambaran itu membayangkan kita bagaimana sangarnya saat motor ini dibawa melibas jalanan. Akselerasinya pun cukup mumpuni, baik putaran bawah dan menengah.

Ninja H2 memiliki dimensi panjang 2.085 mm, lebar 770 mm, dan tinggi 1.125 mm. Sementara jarak sumbu roda dibuat 1.455 mm. Bagian frame-nya dijejali teralis baja dengan lengan ayun model Mounting Plate yang mampu memberikan pengendalian ciamik di berbagai manuver.

Menurut Kawasaki, H2 juga tampil istimewa dengan leburan cat yang menggunakan larutan ion perak dan zat pereduksi. Alhasil, larutan ini membentuk lapisan perak murni pada sekujur 'raja jalanan' ini. Jok Ninja H2 dikatakan memiliki tinggi 825 mm, dengan jarak ground clearance (tanah dengan motor) sekira 130 mm.

Untuk bagian keamanan, Ninja H2 disematkan perangkat rem dari Brembo dengan dua cakram berukuran 330 mm di bagian depan, dan 250 mm di bagian belakang. Dijejali pula kaliper semi-floating, dan radial-mount monoblok pada pengereman tersebut.

Anggota keluarga baru Ninja ini rupanya hadir dengan jok yang egois, lantaran tak ada 'kursi' untuk pembonceng. Kawasaki mengklaim, hal itu sengaja dilakukan untuk menghadirkan motor dengan memprioritaskan pada akselerasi dan kecepatan tinggi. Sementara bagian peredam alias shockbreaker, Ninja H2 dibekali suspensi KYB pada bagian depan dan belakang yang sepenuhnya disesuaikan dengan karakter motor.

otomotif.kompas.com, otomotif.news.viva.co.id


Bagikan :


Copyright © 2013. Majalah Otomotif Online | Template by Full Blog Design | Proudly powered by Blogger
Majalah Otomotif Online
Prokimal Raya Kotabumi, North Lampung, Lampung, Indonesia ID-LA