Pabrikan sepeda motor asal India, Bajaj Auto, sukses menembus jajaran tiga besar, sebagai pabrikan dengan penjualan terbesar di dunia. Bajaj Auto ada di belakang Honda dan Hero MotoCorp.
Selain tercatat sebagai produsen sepeda motor ke tiga terbesar di dunia, Bajaj Auto juga berada di jajaran produsen otomotif paling menguntungkan di dunia. "Hal ini sungguh membanggakan bagi perusahaan. Bajaj Auto telah membuktikan kompetensinya di industri melalui inovasi teknologi, pengembangan portofolio, dan strategi penjualan yang mumpuni," Kata Direktur Utama PT. Bajaj Auto Indonesia, Tomotaka Ishikawa dalam keterangan tertulis, Kamis 17 Juli 2012.
Bajaj Auto memiliki portofolio merek sepeda motor yang kuat di pasar global. Merek Pulsar dan Discover secara komulatif penjualannya telah melampaui lima juta unit. Discover diprediksi menjadi merek sepeda motor dengan penjualan terbesar kedua di India. Sepanjang tahun 2011-2012 penjualan Discover mendekati 1,5 juta unit.
Pada periode yang sama, Bajaj Auto melakukan penjualan ekspor sebanyak 1,27 juta unit. Boxer menjadi merek dengan penjualan terbesar di Afrika dan Pulsar 135LS termasuk dalam jajaran produk dengan penjualan tertinggi di sejumlah negara Amerika Latin.
Di Indonesia, penjualan unit Pulsar yang dilakukan oleh PT BAI, juga mencatat kenaikan. Pada periode Januari hingga Juni 2012, tercatat penjualan Pulsar sebanyak 9500 Unit yang memberikan kontribusi terbesar pada penjualan adalah Pulsar 135 (45 persen), diikuti oleh Pulsar 220 (35 persen) dan Pulsar 180 memberikan kontribusi 20 persen.
BAI selama periode finansial 2010-2011 berhasil mencatat kenaikan volume penjualan yang signifikan sebesar 41 persen yaitu dari 16.700 unit di tahun 2010 menjadi 23.600 unit di akhir tahun 2011.
otomotif.news.viva.co.id
Bagikan : | Tweet |