Jumat, 10 Agustus 2012



: Posted on Jumat, 10 Agustus 2012 - 12.45

Edison-Puton Monowheel
Sepeda Motor Roda Tunggal Buatan 1910

Acara tahunan Cholmondeley Pageant of Power di Inggris selalu sukses menyajikan sesuatu yang istimewa. Tahun ini salah satu yang paling eksotis adalah Edison-Puton Monowheel 1910, berupa kendaraan bermotor beroda tunggal. Monowheel ini dibuat di Paris pada 1910 dengan mengusung sesuatu yang sangat spesial. Kelihatannya benda ini tidak berfungsi, namun pada dasarnya ia bisa berfungsi walaupun tidak terlalu baik.

Namun yang pasti benda ini merupakan tontonan yang sangat menarik terutama bagi yang gemar ilmu fisika.

Bisa Anda bayangkan, kendaraan unik ini telah bertahan lebih dari seabad lamanya dalam kondisi yang baik. Ia diciptakan sebagai solusi kebutuhan transportasi personal yang saat ini kembali bangkit. Kita pantas salut kepada sang penemunya walaupun jika tanpa adanya sistem penyeimbang cerdas, monowheel ini sepertinya akan tetap menjadi sebuah permainan sirkus yang sangat riskan terhadap risiko kecelakaan.

Monowheel Edison-Puton 1910 yang dipamerkan di Cholmondeley Pageant of Power ini ditampilkan dengan rangka, mesin De Dion 150 cc berikut pengendara tiruan untuk menggambarkan cara menggunakannya.

Sejarah menunjukkan setidaknya ada 40 proyek monowheel utama yang dilakukan antara tahun 1867 hingga saat ini, meskipun sebagian besar rekayasa jenius yang ditampilkan itu dibuat dengan manfaat yang kurang jelas dan sisanya belum banyak digunakan sebagai alat transportasi sesungguhnya.

Yang pasti Edison-Puton Monowheel ini sejatinya adalah koleksi dari museum Auto & Technik Museum di Sinsheim, Jerman yang dibawa ke Inggris untuk dipamerkan.

www.mediaindonesia.com


Bagikan :


Copyright © 2013. Majalah Otomotif Online | Template by Full Blog Design | Proudly powered by Blogger
Majalah Otomotif Online
Prokimal Raya Kotabumi, North Lampung, Lampung, Indonesia ID-LA