Jumat, 28 September 2012



: Posted on Jumat, 28 September 2012 - 17.47

Nemesis
Nemesis mobil listrik paling cepat di Inggris

Mobil bertenaga baterai memecahkan rekor sebagai kendaraan listrik tercepat di Inggris, setelah membukukan waktu rata-rata 239 kilometer/jam. Nemesis, demikian nama mobil tersebut, adalah hasil modifikasi dari mobil Lotus Exige yang dibeli dari situs lelang online eBay.

Mobil ini didesain dan dikembangkan oleh satu tim insinyur Inggris dan dikendarai oleh Nick Ponting, yang sehari-hari bekerja sebagai pegawai pemasaran rumah. "Luar biasa. Mobilnya sangat enak dikendarai," kata Ponting usai memacu Nemesis di lapangan udara Elvington, di York, Inggris utara.

Ponting dua kali memacu Nemesis di lintasan ini dengan kecepatan rata-rata 148,419 mil/jam atau 238,8 kilometer/jam. Tenaga mesin Nemesis berasal dari turbin angin yang dibuat oleh Ecotricity. "Kami mengembangkan Nemesis untuk menghapus anggapan bahwa mobil listrik tidak bisa dipacu cepat," kata Dale Vince dari Ecotricity.

Rekor lama kecepatan mobil listrik dipegang oleh Don Wales yang memacu kendaraan hingga 220 kilometer/jam. Putra Wales, Joe, tahun lalu berupaya memecahkan rekor tersebut, namun mobil listriknya, Bluebird Electric, mengalami kerusakan suspensi setelah terjebak di sebuang lubang.

Rekor baru yang dicatat Ponting dengan Nemesis masih akan diverifikasi oleh asosiasi olahraga otomotif sebelum diumumkan secara resmi.

www.bbc.co.uk


Bagikan :


Copyright © 2013. Majalah Otomotif Online | Template by Full Blog Design | Proudly powered by Blogger
Majalah Otomotif Online
Prokimal Raya Kotabumi, North Lampung, Lampung, Indonesia ID-LA