Senin, 01 Oktober 2012



: Posted on Senin, 01 Oktober 2012 - 03.18

Amphicar
Amphicar.
Pasti Anda pernah mendengar tentang jenis mobil amphibi. Atau pernah melihatnya secara langsung bahkan pernah mengendarainya. Mobil amfibi bisa jadi alat transportasi yang praktis. Bisa melintasi jalan di darat dan bisa melaju di permukaan air. Sebenarnya mobil versi ini sudah pernah dibuat pada awal 1805 oleh Oliver Evans dari AS. Tapi hingga awal abad 20 mobil amfibi tersebut belum pernah mengalami perkembangan berarti. Pada tahun 1960 hingga 1968 mobil amfibi baru pertama kali diproduksi secara massal untuk dipasarkan ke publik oleh negara Jerman. Mobil amfibi buatan mereka diberi nama Amphicar. Tapi Amphicar hanya mampu berjalan diatas permukaan air hingga kecepatan 11 kilo meter per jam saja. Jika berjalan diatas permukaan jalan biasa, Amphicar mampu melaju hingga kecepatan 113 kilo meter per jam.

Aquada
Aquada.
Memasuki abad 21, mobil amphibi mengalami perkembangan yang pesat, baik pada tekhnologi-nya maupun pada kecepatannya. Contohnya Aquada yang sudah dilengkapi dengan teknologi HAS (High Speed Amfibi). Mobil ini sudah diproduksi sejak tahun 2003 oleh perusahaan Gibbs Technology, sebuah perusahaan yang berkedudukan di Inggris. Saat melaju di permukaan air, Aquada sudah mampu mencapai kecepatan 55 kilo meter per jam. Lima kali lebih cepat dibanding pendahulunya, Amphicar dari Jerman itu. Pada bagian bawah Aquada didesain mirip seperti lunas pada speedboat sehingga bisa mengurangi gesekan dengan permukaan air. Sementara transformasi dari mobil menjadi kendaraan air hanya memerlukan waktu enam detik saja.

Rinspeed Splash
Rinspeed Splash.
Tapi ada mobil amphibi lain yang mengalahkan kecepatan melaju di permukaan air yang dimiliki Aquada. Mobil itu dinamakan Rinspeed Splash. Diatas permukaan air, mobil amfibi ini bisa melaju pada kecepatan 80 kilo meter per jam. Mobil amfibi yang satu ini agak berbeda dengan Aquada. Jika Aquada meluncur di perairan menggunakan lunas yang berada di bagian bawahnya, maka Rinspeed menggunakan konsep Hydroplane. Jadi mirip seperti penggunaan papan ski air. Sehingga saat melaju di permukaan air, bagian bawah Rinspeed akan terangkat hingga setinggi kurang lebih 60 centimeter. Tidak heran jika mobil amfibi jenis ini mampu melaju hingga kecepatan 80 kilo meter saat meluncur di permukaan air.

2002 Convertible Camaro
2002 Convertible Camaro.
Di luar aspek kecepatan dan tekhnologi yang diusung, kalangan permobilan amfibi menganggap bahwa 2002 Convertible Camaro adalah mobil amfibi yang memiliki tampilan (style) paling bagus. Jika melihat tampilan mobil amfibi berwarna merah pada gambar di samping ini, mungkin Anda akan punya pendapat yang sama. Perpaduan bentuk dan warna yang begitu anggun. Dilengkapi dengan mesin 2,5 Subaru Turbo, mobil amfibi ini bisa melesat di atas permukaan air hingga pada kecepatan 60 kilo meter per jam. Kecepatan yang bagus untuk menarik seorang pemain ski air di lintasannya.

AmphiGator
AmphiGator.
Jika mobil-mobil amfibi yang sudah dibicarakan terdahulu umumnya berpenampilan layaknya sebuah mobil sport, maka kini giliran sebuah jeep lintas alam yang berenang di permukaan air. Jeep Gator versi amfibi ini disebut AmphiGator. Jika sudah bisa melintasi air, maka benar-benar lengkap sudah julukannya sebagai kendaraan lintas alam. Jeep AmphiGator ini dibuat oleh WaterCar Inc., sebuah perusahaan di California utara yang khusus memproduksi mobil-mobil amfibi.

AmphiCoach GTS-1
AmphiCoach GTS-1.
Bukan hanya mobil-mobil berukuran kecil hingga sedang saja yang bisa ber-amfibi-ria, mobil bus pun ikut ambil bagian sebagai kendaraan amfibi. Sebuah kendaraan bus dengan panjang 12 meter telah dioperasikan di kawasan wisata pantai Budapest, Hungaria. Mobil bus yang merupakan kendaraan tipe AmphiCoach GTS-1 ini digunakan untuk mengangkut para wisatawan berlayar di kawasan perairan tersebut. Jika sedang melintasi permukaan air, bus ini mampu melaju hingga kecepatan 20 knot. Dan masih ada satu lagi jenis mobil bus AmphiCoach GTS-1 yang dioperasikan oleh pemilik resort di Belfast.

AmphiCoach GTS-1 dirancang oleh George Smith dan dibuat di Malta oleh perusahaan milik si perancang, GS Specialist Vehicles. Proses produksi AmphiCoach GTS-1 sebagian besar menggunakan cara manual. Meminjam istilah lain, kendaraan ini merupakan hasil kerajinan tangan, bukan diproduksi di pabrik.


Bagikan :


Copyright © 2013. Majalah Otomotif Online | Template by Full Blog Design | Proudly powered by Blogger
Majalah Otomotif Online
Prokimal Raya Kotabumi, North Lampung, Lampung, Indonesia ID-LA