Bajaj Pulsar 220 Terpilih Sebagai Motor Sport Terbaik
Bila biasanya pemilihan motor terbaik selalu menjadi dominasi pabrikan motor Jepang, Bajaj mematahkan hal tersebut. Bajaj Pulsar 220 baru-baru ini terpilih sebagai sepeda motor sport-touring terbaik di Indonesia. Predikat sebagai sepeda motor sport-touring terbaik di kelas 160-220 cc itu didapat dalam penghargaan Indonesian Motorcycle of the Year (IMOTY) 2012 yang digelar oleh Majalah Motorev setelah mengalahkan banyak pesaingnya. Ini merupakan kali kedua Pulsar 220 meraih penghargaan tersebut setelah sebelumnya meraih penghargaan yang sama pada tahun 2011. Pulsar 220 sebagai line up motor sport tertinggi di tataran keluarga motor Pulsar mengungguli para kompetitornya.
Manager PR & Marketing PT Bajaj Auto Indonesia (BAI), Rizal Tandju mengaku puas atas prestasi tersebut. Menurut Rizal, penghargaan ini menandakan bahwa motor Pulsar semakin diterima oleh masyarakat Indonesia. "Ini merupakan prestasi yang membanggakan sekaligus bukti dari komitment BAI dalam membangun brand Pulsar di Indonesia," kata Rizal dalam keterangan resminya.
Pencapaian ini, lanjut Rizal, diharapkan dapat memacu seluruh elemen di BAI dan jaringan dealer-nya untuk bekerja lebih giat dalam memberikan pelayanan yang lebih baik bagi pengguna Pulsar terutama di layanan purna jual. BAI juga tetap konsisten melakukan ekspansi dealer ke seluruh wilayah Indonesia. Pada Desember 2012, BAI akan membuka dealers 3S di Sandai, Kalimantan Barat. Hingga akhir tahun 2012, jumlah dealers 3S Bajaj telah mencapai 137 di seluruh Indonesia.
Dibekali mesin 220 cc, silinder tunggal, 4 langkah, berpendingin udara dengan teknologi khas Bajaj, DTS-i, mesin Pulsar 220 mampu memproduksi tenaga hingga 21 PS pada 8.500 rpm dan torsi puncak mencapai 19.12 Nm pada 7000 rpm. Selain itu, motor yang dluncurkan pada Maret 2011 ini dikatakan sebagai motornya lelaki yang memiliki performa dan handling yang mantap serta mampu melesat hingga kecepatan puncak 144 km/jam.
Spesifikasi Bajaj Pulsar 220 DTS-i
Mesin :
- Tipe: Single silinder, 4 stroke, air cooled
- Bore x Stroke: 67x62,4 mm
- displacement (cc): 220
- valve per cylinder: 2
- Fuelling: Karburator-UCAL UCD 32
- Rasio kompresi: 9,5 (+- 0,5) : 1
- Tenaga maksimum: 21,04 PS @ 8.500 rpm
- Torsi maksimum: 19,12 Nm @ 7.000 rpm
- Kopling basah multi-plate
- Jumlah gigi: 5
- Pola perpindahan gigi: 1 (up), 2,3,4 dan 5 (down)
- Primary reduction: 3.47 (66/19)
- Final reduction: 2.571 (36/14)
- Tipe: Double cradle down tube
- Suspensi depan: Telescopic 130 mm
- Suspensi belakang: Nitrox, rear wheel travel 90 mm
- Rem depan: Disc, 260 mm
- Rem belakang: Disc, 230 mm
- Ban depan: 90/90x17" (soft compound tubeless)
- Ban belakang: 120/80x17" (soft compound tubeless)
- Fuel tank capacity: 15 liter full, 3,2 liter reserve, 2,2 liter usable
- Panjang: 2.035 mm
- Lebar: 750 mm
- Tinggi: 1.165 mm
- Jarak sumbu roda (wheel base): 1.350 mm
- Ground clearance: 165 mm
- Saddle height: 795 mm
- Berat: 150 kg
- Battery: 12 v, 9 Ah
- Headlamp: Projector lamp 55w (low), Ellipsoidal lamp 55w (high)
- Tail/stop lamp: LED type
Bagikan : | Tweet |