Kamis, 21 Februari 2013



: Posted on Kamis, 21 Februari 2013 - 03.51

Mobil sport Honda CR-Z, direncanakan bakal masuk pasar otomotif Indonesia, setidaknya antara bulan Februari atau Maret 2013. Honda CR-Z akan dijual dengan harga Rp 475 juta untuk varian transmisi manual, dan Rp 489 juta untuk varian transmisi otomatik. Meski demikian, pabrikan asal Jepang itu masih membiarkan publik bertanya-tanya kapan tepatnya mobil yang diperkenalkan pertama kali pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012 itu, akan bisa dilego kepada para penggila mobil sport di Indonesia. CR-Z menjadi salah satu mobil yang dipampang di tempat terdepan gerai Honda di IIMS 2012, akhir September silam. Honda juga membuat pameran otomotif terbesar nasional tersebut sebagai tempat peluncuran perdana CR-Z di seluruh dunia. Kabar yang beredar di kalangan jurnalis otomotif Indonesia, Honda CR-Z siap dijual antara Februari atau Maret. Konfirmasi akan dijualnya CR-Z dikemukakan oleh Corporate Communication Manager PT Honda Prospect Motor Yosef Swasano Agus, Rabu (13/2), di Djakarta Theater. "Sekitar 5 produk baru akan kami jual di 2013. Yang pertama adalah All-New Honda Jazz, Januari lalu. CR-Z juga mulai kami pasarkan tahun ini. Yang ketiga adalah All-New Accord." Alasan kedatangan CR-Z sendiri, menurut Yosef, adalah keinginan Honda untuk ikut mengambil potongan kue segmen mobil sport di Indonesia. Sisi menarik dari mobil sport yang satu ini tak lain ada di isi dapur pacunya. CR-Z diotaki oleh mesin hibrida yang merupakan perpaduan mesin bensin konvensional dan baterai listrik 100 volt. "Yang unik dari CR-Z adalah baterai IMA (integrated motor assist) di dalamnya. IMA memberikan tenaga tambahan sebesar 20 ps kepada CR-Z," pungkas Yosef. Daya maksimal CR-Z ialah 120 ps pada kitiran mesin 6.600 rpm untuk model bertransmisi manual enam-percepatan. Versi transmisi matiknya sendiri mampu mengeluarkan 118 ps di putaran mesin yang sama. "Mobil ini memang mobil sport, tapi juga dapat digunakan untuk aktivitas sehari-hari," klaim Yosef.
Honda CR-Z. Majalah Otomotif Online
File foto: Honda CR-Z

Wuih, Harga Honda CR-Z Bisa Turun

PT Honda Prospect Motor (HPM) memasarkan Honda CR-Z Hybrid dengan banderol Rp 475 juta untuk transmisi manual, dan Rp 489 juta otomatik. Harga yang sebenarnya masuk akal untuk ukuran mobil sport, sekaligus berteknologi hybrid. Yang lebih menggembirakan, harga itu bisa saja turun, bergantung regulasi yang akan dikeluarkan pemerintah. Direktur Pemasaran dan Purna Jual HPM Jonfis Fandi mengungkapkan bahwa regulasi soal mobil hybrid dan listrik yang akan dikeluarkan pemerintah akan disambut baik oleh HPM. "Kalau ada insentif untuk mobil hybrid, pasti kita menerimanya dengan senang hati. Kami akan fair menurunkan harga jika insentif turun, terutama bagi yang pesan dalam waktu dekat," jelasnya.

Honda CR-Z Hybrid rencananya akan dikirim ke konsumen pada Februari 2013. Jika regulasi dari pemerintah turun akhir tahun ini, dan hybrid mendapat insentif, mobil sport menyenangkan Honda itu dipastikan akan menjadi sportcar paling terjangkau di Indonesia.

Versi Modifikasi

Di IIMS 2012, Honda CR-Z tampil dengan gaya semakin sangar berkat sentuhan modifikasi. HPM menurunkan CR-Z Mugen RR Concept dan CR-Z Modulo. Keduanya dipajang di baris depan booth Honda di Hall D JIExpo. Versi Mugen RR Concept tak hanya mendapat tambahan body kit, tetapi mesinnya sudah mengalami perombakan dan tenaganya naik menjadi 200 PS dari versi standarnya 120 PS. Sedangkan CR-Z Modulo dirancang untuk penampilan sporty, tetapi masih mengandung unsur elegan. Keduanya tidak dijual, tetapi Jonfis mengatakan jika memang ada yang minat, HPM akan memikirkan kembali untuk memasarkannya.

otomotif.kompas.com


Bagikan :


Copyright © 2013. Majalah Otomotif Online | Template by Full Blog Design | Proudly powered by Blogger
Majalah Otomotif Online
Prokimal Raya Kotabumi, North Lampung, Lampung, Indonesia ID-LA