Kamis, 11 April 2013



: Posted on Kamis, 11 April 2013 - 04.45

All New Mazda6 secara resmi telah masuk pasar otomotif Indonesia pada Rabu 10 April 2013. Di Indonesia, All New Mazda6 dipasarkan oleh PT Mazda Motor Indonesia dengan kisaran harga Rp 535 juta. Mobil sedan ini didukung mesin berbahan bakar bensin SkyActiv-G dengan 4 silinder yang memiliki kapasitas 2.5 liter. Mesin ini juga dilengkapi fitur Dual S-VT (Sequential Valve Timing) dan ETC (Electronic Throttle Control). Teknologi bertugas untuk mengatur bukaan katup menjadi lebih akurat sehingga mampu menyesuaikan dengan kebutuhan mesin secara aktual dan bisa mengatur pasokan udara masuk yang tepat untuk merespon gerakan pedal gas. Performa dengan output 187 hp @ 5.700 rpm dan torsi 250 Nm @ 3.250 rpm.
All New Mazda6. Majalah Otomotif Online
All New Mazda6
All New Mazda6 Dilepas Seharga Rp535 Juta

Memanfaatkan venue di Dharmawangsa Hotel, Kebayoran Baru, Jakarta, PT Mazda Motor Indonesia (MMI) hari ini, Rabu (10/4) resmi meluncurkan generasi ketiga yang merupakan generasi terbaru Mazda6. Mazda6 yang merupakan produk terbaru Mazda kedua di Indonesia yang mengusung teknologi unggulan Mazda SkyActive setelah sebelumnya diperkenalkan pada varian crossover Mazda CX-5. Sedan kelas medium yang akan menjadi pesaing Toyota Camry dan Honda Accord tersebut dibanderol dengan harga on the road Rp535 juta. Menurut Marketing Manager MMI, Astrid Ariani Wijana, pihaknya sengaja hanya memasukkan varian tertinggi di jajaran Mazda6. Kalaupun ada perbedaan harga untuk Mazda6, itu hanya dikhususkan pada warna Soul Red Metallic dengan banderol Rp538 juta, atau selisih Rp3 juta. Pasalnya warna ini merupakan warna istimewa yang pertama kali diperkenalkan pada mobil konsep Mazda Takeri. Warna lainnya adalah Snowflake White Pearl, Aluminium Metallic, Meteor Grey Mica dan Jet Black Mica.

Sebagai varian tertinggi Mazda6, ia dilengkapi dengan mesin bensin SkyActiv-G 4 silinder berkapasitas 2.5 liter yang dilengkapi fitur Dual S-VT (Sequential Valve Timing) dan ETC (Electronic Throttle Control). Teknologi ini mampu menjadikan bukaan katup lebih akurat sesuai kebutuhan mesin secara aktual dan mengatur pasokan udara masuk yang tepat untuk merespon gerakan pedal gas. Performa dengan output 187 hp @ 5.700 rpm dan torsi 250 Nm @ 3.250 rpm dipicu oleh penerapan rasio kompresi yang sangat tinggi pada mesin yaitu 13:1. Untuk mencegah risiko knocking akibat kompresinya yang tinggi, semburan bahan bakar ke silinder mesin menganut model direct injection yang diatur secara presisi oleh sistem elektronik.

Mesin ini juga masih ditambah fitur i-STOP (start/stop system) dan teknologi i-ELOOP berupa sistem regeneratif yang memanfaatkan media penyimpanan listrik berupa kapasitor dua lapis. Kedua fitur ini diklaim mampu menghasilkan penghematan bahan bakar. Efisiensi BBM juga didukung oleh transmisi SkyActive-Drive 6-speed otomatis. transmisi ini juga bisa menyajikan nuansa manual yang lebih sporti lewat sepasang paddle shift yang tersedia di balik roda kemudinya.

Dibandingkan dengan pesaing-pesaingnya, sedan dengan garis atap bergaya coupe ini memiliki segudang fitur terdepan. Selain 6 airbag terdapat kumpulan fitur keselamatan yang diberi nama i-ACTIVESENSE yang terdiri dari:
  • Lane Departure Warning System (LDWS) yang dapat memperingatkan pengemudi saat ngantuk atau lengah dengan mendeteksi adanya perpindahan jalur yang tidak disengaja oleh pengemudi tanpa menyalakan lampu sein.
  • Rear Vehicle Monitoring (RVM) System yang dapat mendeteksi dan menginformasikan ke pengemudi jika ada mobil mendekat dari jarak 50 m di belakang kiri dan kanan.
  • Adaptive Front-lighting System (AFS) berguna bagi pengemudi untuk melihat sekitar tikungan pada malam hari dengan memprediksi sudut tikungan dari input setir dan kecepatan lalu mengarahkan lampu ke arah sesuai dengan arah mobil.
  • High Beam Control (HBC) System yang memungkinkan pengemudi melihat lebih jauh di malam hari dengan lampu jauh namun otomatis kembali ke lampu dekat saat berpapasan dengan mobil lain dan kembali ke lampu jauh setelah berpapasan.
  • Smart City Brake Support (SCBS) System, yaitu rem bekerja secara otomatis untuk menghindari atau mengurangi benturan dengan mobil di depan pada kecepatan rendah antara 4-30 km/jam. SCBS diciptakan untuk menghindari dan atau mengurangi benturan dengan obyek kendaraan roda empat di depan.
Untuk menambah kenyamanan berkendara, kabin mobil yang dilengkapi elektrik sun roof ini dijejali perangkat audio touchscreen berteknologi maju dengan tata suara berformat 6.1 yang digarap pakar audio BOSE lengkap dengan 11 speaker. Tidak seperti pesaingnya yang hanya memiliki sekadar pengaturan jok secara elektrik, bagian jok pengemudi all new Mazda6 juga dilengkapi fungsi memori yang mampu menyimpan setelan posisi duduk dan menyajikan kembali dengan hanya menekan tombol di samping jok. Dari sisi fleksibilitas, Mazda6 terbaru dilengkapi bagai yang ekstra luas. Itupun masih bisa bertambah dengan cara melipat sandaran bangku penumpang belakang sehingga kabin penumpang belakang bisa difungsikan sebagai ekstra bagasi.

Yang cukup menarik dari Mazda6 ini adalah desainnya yang sangat dinamis. Lekuk-lekuk dan garis-garis tegas menjadikannya sosoknya seolah sedang berlari cepat walaupun ketika ia dalam kondisi statis. Kekuatan desain inilah yang menjadikan All New Mazda6 tetap kelihatan pantas mengusung warna Soul Red Metallic, warna yang biasa dihindari oleh sedan-sedan di segmen ini. Bahkan dengan warna itu, permainan bayangan yang dihasilkan oleh lekuk-lekuk tubuh Mazda6 menjadi lebih dramatis. Kesan tersebut tentunya akan menjadi berbeda jika warna itu diaplikasikan pada sedan-sedan lain di kelasnya. Pantas saja jika pihak Mazda begitu mendewa-dewakan kakuatan desain.

www.metrotvnews.com


Bagikan :


Copyright © 2013. Majalah Otomotif Online | Template by Full Blog Design | Proudly powered by Blogger
Majalah Otomotif Online
Prokimal Raya Kotabumi, North Lampung, Lampung, Indonesia ID-LA