Jumat, 14 Juni 2013



: Posted on Jumat, 14 Juni 2013 - 04.45

Yamaha MT-09 bisa disebut sebagai model pendobrak dunia sepeda motor sport, terutama sepeda motor produksi pabrikan Jepang. Tak mau kalah dengan rivalnya di daratan Eropa, Yamaha MT-09 hadir dengan mesin 3 silinder. Model terbaru ini menggunakan mesin berkapasitas 847 cc. Yamaha MT-09 adalah sebuah konsep baru dalam desain motor sport. Dengan sasis baru kompak dan tinggi-torsi mesin 3-silinder, mesin ini kinerja generasi baru ini dirancang untuk pengendara yang menghargai karakter dan jiwa. Jantung berdebar jenis baru ini hewan adalah 850cc mesin 3-silinder ringan yang menendang keluar band luas baku, torsi linier memberikan akselerasi yang luar biasa yang akan adrenalin Anda mengalir. Dan untuk tangkas menangani ini dinamika baru telanjang motard gaya motor dilengkapi dengan sasis aluminium kompak dan riding position tegak yang membuat pekerjaan ringan dari segala sesuatu - dari hari kerja perkotaan naik sampai Minggu pagi ledakan.
Yamaha MT-09. Majalah Otomotif Online
Yamaha MT-09.
Yamaha MT-09, Sisi Gelap Jepang

Beberapa minggu lalu, Yamaha Eropa merilis teaser video sepeda motor jalanan baru yang diberi judul, "Dark Side of Japan". Diterjemahkan bahwa kendaraan ini bakal mampu mengubah dunia sepeda motor sport. Kemarin (11/6/2013), sosok pendobrak itu diluncurkan dengan Yamaha MT-09, petarung jalanan telanjang bermesin tiga silinder. Dengan MT-09 Yamaha telah mengubah kebiasaan dunia sepeda motor sport melalui konfigurasi mesin. Selama ini, yang berani menggunakan mesin tiga silinder cuma produsen Eropa seperti MV Agusta atau Triumph. MT-09 benar-benar berperan sebagai "sisi gelap" produsen Jepang!

Mesin tiga silinder 847 cc itu sudah dikenalkan pertama kali di Intermot, Milan, Italia, tahun lalu. Klaim Yamaha, mesin ini bisa bisa menghasilkan tenaga 113,4 PS @10.000 rpm dan torsi 87,4 Nm @8.500 rpm. Sebagai pembanding, Yamaha FZ8 dengan mesin 779cc empat silinder segaris (kapasitas hampir sama) hanyamampu menyemburkan tenaga 104,7 PS @10.000 rpm dan torsi 82 Nm @8.000 rpm. Dengan perbedaan sekitar 50 cc namun bobot lebih ringan, membuat MT-09 bakal menjadi raja baru sepeda mtoor sport Yamaha di Eropa.

Sepeda motor Yamaha MT-09 ini bisa lebih ringan karena rangkanya dibuat dari CF aluminium die-cast. Tak hanya itu, kekokohannya dinilai semakin optimal dan bisa menjaga keseimbangan. Ciri lain lain, knalpot 3-1 dengan peredam, menghasilkan suara yang tidak memekakkan telinga dan bisa dinikmati. Depan, sepeda motor ini menggunakan garpu teleskopik dan setang sedikit melebar. Sedangkan belakang, monosok dengan lengan ayun asimetris.

Untuk rem, cakram ganda 298 mm di depan dan tunggal 245 mm di belakang. Opsional yang ditawarkan, ABS yang membuat bobot bertambah 3 kg. Di Inggris, sepeda motor ini harganya dipatok 6.799 poundsterling atau Rp 104-an juta..

otomotif.kompas.com


Bagikan :


Copyright © 2013. Majalah Otomotif Online | Template by Full Blog Design | Proudly powered by Blogger
Majalah Otomotif Online
Prokimal Raya Kotabumi, North Lampung, Lampung, Indonesia ID-LA