Senin, 15 Juli 2013



: Posted on Senin, 15 Juli 2013 - 03.09

Berita otomotif: Sepeda motor sport Aprilia Tuono V4 R kini menjadi lebih bertenaga, nyaman, dan aman bagi pengendaranya. Aprilia Tuono V4 R versi teranyar ini sudah mengaplikasikan teknologi ABS buatan Bosch. Aprilia Tuono sudah menjadi favorit, dan update terbaru hanya harus memperkuat pendapat itu. Bosch 9MP ABS menambahkan tingkat keamanan sementara hanya menambahkan £ 4,4 dengan berat Tuono itu. Teknologi ABS ini menawarkan tiga pengaturan, Track, Sport dan Hujan, yang masing-masing bekerja dalam koordinasi dengan mesin bernama sama peta pengisian bahan bakar. Para ABS juga bisa dinonaktifkan. Mesin, sama seperti di Aprilia RSV4, telah diperbarui untuk mengurangi gesekan internal dan meningkatkan ventilasi bah sedangkan sistem pembuangan dan manajemen bahan bakar juga telah diperbarui. Hasilnya adalah benjolan dalam meningkatkan daya 2,7 hp, meningkatkan output maksimum diklaim 167,6 hp pada 11.500 rpm. Torsi tetap sama seperti sebelumnya di Tuono diklaim 82,2 ft-lb. pada 9500 rpm.
Aprilia Tuono V4 R. Majalah Otomotif Online
Aprilia Tuono V4 R.
Aprilia Tuono V4R 2014 Bersolek

Salah satu model bugil Aprilia, Tuono V4 R - pesaing streetfighter Ducati - dipermak agar penampilannya makin segar, tenaga kian bergairah dan bisa naik kelas. Teknologi yang dicangkokkan adalah ABS dari Bosch. Peranti keselamatan tersebut punya tiga setelan, yaitu Track, Sport and Rain: harian, kencang dan hujan. Ketiga setelan itu ditentukan berdasarkan kontrol pasokan bahan bakar ke mesin (engine fueling maps). Sistem juga bisa dimatikan bila tidak diperlukan.

Konsekuensinya, berat bertambah 1,9 kg. Namun tidak masalah karena kemampuan mesin BRP-Rotax 60° V-Twin 1.000cc - sama dengan RSV4 - juga ditingkatkan. Gesekan komponen mesin dikurangi, saluran gas buang dan manajemen penggunaan bahan bakar diperlancar sehingga tenaga bertambah 2,7 PS menjadi 167,6 PS @11.500 rpm dan torsi puncak 117 Nm @9.500 rpm.

Kontrol traksi tetap dipasang dengan delapan setelan melalui joystick di setang kiri dengan peranti lunak yang diperbarui. Setelan pencegah ban depan terangkat juga dikalibrasi ulang. Sosok sedikit berubah. Kini jok lebih tebal dan empuk. Suspensi juga ditingkatkan kinerjanya. Begitu pula dengan desain tangki bensin yang lebih besar dan tajam, kini kapasitasnya menjadi 20 liter dari sebelumnya18,5 liter. Sedangkan warna, tersedia dua dua pilihan, yaitu hitam atau putih.

otomotif.kompas.com


Bagikan :


Copyright © 2013. Majalah Otomotif Online | Template by Full Blog Design | Proudly powered by Blogger
Majalah Otomotif Online
Prokimal Raya Kotabumi, North Lampung, Lampung, Indonesia ID-LA