Jumat, 04 Oktober 2013



: Posted on Jumat, 04 Oktober 2013 - 04.58

Berita otomotif: Serba-serbi Korean Grand Prix. Ajang lomba balap mobil Formula 1 di Korea Selatan yang diberi nama South Korean Grand Prix ini sudah dimulai pada tahun 2013. Pihak FIA baru menyetujuinya sebagai kalender tahunan Grand Prix Formula setelah sempat melalui perdebatan yang makan waktu hingga berbulan-bulan lamanya.
Korean Grand Prix. Majalah Otomotif Online
Korean Grand Prix.
10 Fakta Unik GP Korea

Korean Grand Prix adalah lomba Formula Satu yang diadakan di Korea Selatan. Setelah spekulasi selama berbulan-bulan, pada tanggal 2 Oktober 2006 itu dikonfirmasi bahwa acara ini benar-benar akan terjadi pada tahun 2010, dan akan diselenggarakan oleh Korea International Circuit. Ini juga telah mengungkapkan bahwa balapan akan dipromosikan oleh perusahaan publik-swasta. Kesepakatan ini selama tujuh tahun dengan lima tahun opsi yang akan menjamin balapan akan diselenggarakan sampai 2021. Meskipun demikian konfirmasi sebelumnya, Korean Grand Prix tidak termasuk pada salah satu sementara 2010 kalender melayang oleh Formula One Management. Setelah disetujui dana untuk acara tersebut, namun, Korea diberi tanggal 17 Oktober pada kalender 2010 yang diterbitkan oleh Fédération Internationale de l' Automobile (FIA) pada tanggal 21 September 2009. Pada tanggal 10 Desember 2009, penyelenggara acara mengumumkan bahwa mereka berada di jadwal, dengan rencana untuk menyelesaikan sirkuit pada tanggal 5 Juli 2010, meskipun mereka mengakui bahwa masalah terbesar mereka terletak dalam menemukan akomodasi untuk semua staf satu Formula dan penonton. Panitia juga mengesampingkan kemungkinan pementasan balapan di malam hari sampai mereka memiliki pengetahuan lebih tentang dan pengalaman dalam menjalankan Grand Prix. Meskipun semua konfirmasi masih ada risiko bahwa sirkuit mungkin tidak tepat waktu, namun hal ini dibantah oleh promotor lomba yang mengatakan bahwa sirkuit itu lebih cepat dari jadwal. Setelah beberapa penundaan, FIA menjadwalkan pemeriksaan akhir sirkuit pada tanggal 11 Oktober 2010, 13 hari sebelum Grand Prix Korea dijadwalkan untuk memulai. Setelah pemeriksaan FIA, Charlie Whiting Direktur Ras menyatakan bahwa balapan akan pergi ke depan. Driver Formula Satu komentar positif di sirkuit baru sebelum balapan berlangsung, dengan beberapa berkomentar bahwa sepertinya menarik, trek menantang. Penyelenggara Grand Prix Korea telah menyatakan ketidakpuasan atas syarat-syarat kontrak mereka dengan Bernie Ecclestone dan Manajemen Formula Satu, terutama berkaitan dengan biaya ras-sanksi biaya, dan telah berusaha untuk menegosiasikan kontrak, mencari istilah yang lebih menguntungkan. Namun, Ecclestone dikesampingkan renegosiasi, menyatakan bahwa proses negosiasi awal sudah cukup sulit, dan bahwa penyelenggara menyadari ketentuan kontrak ketika mereka pertama kali menandatanganinya. Ecclestone telah menyatakan bahwa dalam hal penyelenggara lomba tidak dapat membayar biaya sanksi, Korea Grand Prix akan dihapus dari kalender. Kalender final dirilis pada bulan Desember terus Grand Prix Korea utuh. Tak lama setelah Grand Prix Australia, penyelenggara balapan di Korea mengumumkan bahwa mereka telah mencapai kesepakatan baru dengan Formula One Management yang akan menghemat $ 20.500.000 (23 Miliar) dalam biaya. Namun, Kang Hyo-seok, direktur organisasi perlombaan untuk Grand Prix Korea, mengakui bahwa perlombaan itu masih terlalu mahal untuk Korea, mengantisipasi kerugian sekitar $ 26 juta (29 miliar) pada 2012.
Seri ke-14 di Yeongnam, Korea Selatan pada akhir pekan mendatang, bisa jadi momen menentukan untuk Sebastian Vettel untuk kian menyamankan diri mempertahankan gelarnya, atau juga mungkin bisa jadi titik balik Fernando Alonso untuk kian menekan sang juara bertahan. Yang jelas, GP Korea kali ini takkan kalah ketat dengan "diperkaya" kondisi berat lantaran dihadapkan pada cuaca buruk, potensi badai Fitow yang saat ini bergerak dari daratan China ke Semenanjung Korea.

Namun sebelum membuka tabir GP Korea dan mengetahui bagaimana bisa memberi prediksi dengan melihat tiga sesi latihan plus hasil kualifikasi, ada baiknya untuk lebih dulu mengungkap sejumlah hal unik terkait event di negeri ginseng ini, seperti yang dirangkum dari berbagai sumber:
  1. Korea International Circuit sebagai tuan rumah seri Yeongnam ini merupakan satu dari lima venue dalam kalender tahun ini, yang menerapkan alur balap bertolakbelakang dengan arah jarum jam. Empat lainnya ada di Marina Bay, Yas Marina, Austin dan São Paulo.
  2. Fernando Alonso menjadi pembalap pertama yang memenangkan GP Korea, kala event di Korea Selatan ini pertama kali dibuka tiga tahun silam. Namun dua tahun berikutnya (2011 dan 2013) didominasi Sebastian Vettel.
  3. Vettel benar-benar jadi dominator di Yeongnam dengan hanya kehilangan 12 lap dari tiga event GP Korea belakangan dengan rata-rata penguasaan kepemimpinan balapan, 92,7 persen. Tim Red Bull yang menaungi Vettel, juga mendominasi dengan memenangkan empat podium dan dua kali mencatatkan waktu tercepat.
  4. GP Korea dalam tiga tahun belakangan selalu menampilkan tiga pemimpin start berbeda, yakni Vettel (2010), Lewis Hamilton (2011) dan Mark Webber tahun lalu. Tapi tahukah Anda bahwa belum ada dari tiga kali penyelenggaraan, pemegang pole position mampu menang di Yeongnam.
  5. Hanya ada tiga tim, Red Bull, Ferrari dan McLaren yang mampu mencetak skor dari tangga podium GP Korea selama ini. Sementara Vettel masih memegang torehan lap tercepat 1 menit 39,605 detik sejak 2011 silam.
  6. Walau usianya terbilang masih “muda”, tapi GP Korea lumayan loyal membiarkan safety car keluar kandang. Dari dua event pada 2010 dan 2011 lalu saja, sudah enam kali mobil berwarna silver itu mengekang para pembalap saat kondisi trek dianggap kurang kondusif.
  7. Dari statistik yang dimiliki Mercedes, para pembalap mereka mampu menggeber maksimal sekira 62 persen dari keseluruhan putaran. Waktu terlama geberan maksimal mereka di Korea adalah 14,4 detik saat melahap belokan kedua dan ketiga. Para pembalap mereka juga punya rata-rata 54 kali mengganti gigi per-lap.
  8. Belum ada satu pun pembalap asli Korea yang ikut turun pada seri Yeongnam ini dalam tiga tahun penyelenggaraan GP Korea.
  9. Tiga milestone milik tiga pembalap juga sempat tercetak selama GP Korea. Pedro de la Rosa memulai start-nya yang ke-100 di Yeongnam 2012 silam, sementara di tahun yang sama puna, Vettel merangkum kemenangan ke-25. Adapun Jean-Éric Vergne, mencatatkan debutnya di GP Korea 2011 silam dengan melahap sembilan lap pada sesi latihan perdana kala menggantikan Jaime Alguersuari.
  10. Terakhir, setelah finis dengan poin cukup besar di Singapura, kini Ferrari hanya tertinggal atau tiga seri untuk menyusul 64 kali raihan poin secara beruntun milik McLaren. Ferrari kini masih berada di angka 61 kali berturut-turut mencetak poin dan Alonso berpeluang menambah rekor Ferrari itu lantaran selalu menorehkan poin di 11 seri terakhir.
autos.okezone.com


Bagikan :


Copyright © 2013. Majalah Otomotif Online | Template by Full Blog Design | Proudly powered by Blogger
Majalah Otomotif Online
Prokimal Raya Kotabumi, North Lampung, Lampung, Indonesia ID-LA