Kamis, 30 Januari 2014



: Posted on Kamis, 30 Januari 2014 - 04.46

EFM Mu, Sepeda Motor Sport Dari China. EFM Mu adalah produk sepeda motor dengan tampilan sport dengan mesin bertenaga listrik yang diproduksi oleh perusahaan otomotif Electro Force Motors yang berkedudukan di Beijing, China. Di negeri asalnya, sepeda motor listrik ini dijual dengan harga mulai 3.300 euro (Rp 54-an juta) hingga seharga 4.000 euro (Rp 67-an juta). Tersedia dalam 3 varian yang dibedakan berdasarkan kekuatan mesin listrik penggeraknya, yaitu tipe standar yang memiliki mesin bertenaga 11 PS dengan torsi 47 Nm dan sanggup melaju hingga 85 km/jam, tipe Plus dengan mesin bertenaga 15 PS dan torsi 70 Nm, dan tipe Pro yang didukung mesin bertenaga 20 PS dan torsi 82 Nm.
EFM Mu. Majalah Otomotif Online
EFM Mu.
Mocin Listrik Mirip Honda CBR150R

Sepeda motor listrik mulai menjalar ke produsen asal China. Mereka bahkan berani menawarkan ke sejumlah negara Eropa. Salah satunya adalah Electro Force Motors (EFM), produsen kendaraan listrik yang berbasis di Beijing. Mereka punya Mµ (ditulis dalam ejaan Yunani) yang memiliki tiga pilihan tenaga penggerak. Varian "Standard" bertenaga 11 PS dan torsi 47 Nm, didapat dari baterai 3,9 kWh yang diklaim mampu bertahan hingga 115 km dengan kecepatan maksimum 85 kpj. Lalu ada pilihan tipe "Plus" dengan tenaga 15 PS dan torsi 70 Nm. Terakhir, tipe "Pro" dengan tenaga 20 PS dan torsi 82 Nm.

Belum ada informasi spesifikasi secara detail, tetapi suspensi depan diklaim punya lingkar 42 mm. Pengurang laju memanfaatkan double disk 280 mm di depan dan belakang. Pengisian ulang baterai dari kosong sampai penuh butuh 8 jam. Sementara itu, bobot bervariasi (bergantung tipe), antara 140 kg dan 170 kg.

Plagiat

Kendati cukup menjanjikan, seperti "kebiasaan" sepeda motor China (atau kerap disebut "mocin" saja), tampilannya merupakan plagiat dari Honda CBR150R. Hampir semua bagian sama persis, hanya lengan ayun yang tampak berbeda karena menopang baterai. Karena benar-benar mirip, beberapa media di Italia sampai menyindir dengan pernyataan pedas. Bahkan, ada yang menduga, jika ikut pameran, maka mereka bakal digelandang keluar, seperti ketika skuter-skuter China mirip Piaggio diusir saat EICMA.

Soal harga, jika dikonversikan dengan mata uang euro, maka sepeda motor listrik EFM Mu ini di China dijual mulai dari 3.300 euro (Rp 54-an juta) hingga 4.000 euro (Rp 67-an juta).

otomotif.kompas.com


Bagikan :


Copyright © 2013. Majalah Otomotif Online | Template by Full Blog Design | Proudly powered by Blogger
Majalah Otomotif Online
Prokimal Raya Kotabumi, North Lampung, Lampung, Indonesia ID-LA