Senin, 27 Januari 2014



: Posted on Senin, 27 Januari 2014 - 08.31

Yamaha Scorpion King Limited Edition Hanya Diproduksi 1.000 Unit. merupakan varian teranyar dari seri sepeda motor Yamaha Scorpio. Seri ini sudah diproduksi dan menyusuri jalanan sejak 12 tahun yang lalu. Berdasarkan urutannya, jenis sepeda motor endure yang merupakan keturunan dari Yamaha Serow250 (XT250) Mountain Trail ini terdiri dari Scorpio-G (2002-2004), Scorpio Z (2005-2010), dan New Scorpio Z (2010-2013).
Yamaha Scorpion King Limited Edition. Majalah Otomotif Online
Yamaha Scorpion King Limited Edition.
Yamaha The Scorpion King Limited Edition Jubah Emas

Yamaha pabrikan paling sukses di sejarah penjualan motor sport Indonesia, meluncurkan edisi khusus dari Scorpio-Z yaitu "The Scorpion King Limited Edition" di awal tahun 2014. Sudah 12 tahun lamanya Yamaha Scorpio eksis di pasar otomotif roda dua Indonesia. Tiga generasinya mengakar mulai dari lahirnya Scorpio-G (2002–2004), Scorpio Z (2005–2010) dan New Scorpio Z (2010–2013). "The Scorpion King limited edition ini diciptakan Yamaha dengan konsep corak Scorpio raksasa memeluk tangki dan warna khas emas. Scorpio layaknya mengenakan jubah emas sehingga tampil elegan berkelas," ucap Eko Prabowo, GM Promotion & Community Development Yamaha Indonesia.

Stoknya pun terbatas sehingga yang memilikinya ikut jadi pembeli istimewa dalam sejarah emas The Scorpion King. "Scorpio Z Limited Edition (The Scorpion King) hanya ada 1.000 unit sehingga yang beruntung saja yang bisa memilikinya. Scorpio ini menjadi koleksi baru dan investasi bernilai bagi pemiliknya," ujar Radityo A.D, Brand Manager Marketing Planning & Strategy Yamaha Indonesia.

Istimewanya The Scorpion King terdapat pada mesinnya yang berwarna full black mulai dari crank case sampai blok silinder sehingga membuatnya terlihat gagah dan macho. Komponen sparepart-nya pun warnanya titanium keemasan dengan finishing matte sehingga terlihat lebih mewah, terdapat pada segitiga atas dan raiser stang, list speedometer, tabung shock depan, handle bar, cover body samping, protector muffler, footstep depan dan belakang.

Sejarah Scorpio

Setiap model Yamaha khususnya motor sport mempunyai garis keturunan. V-Ixion (R Series adalah keturunan pembalap), Byson (FZ Series – DNA petarung), Scorpio-Z Scorpio Z sangat spesial khususnya karena basic DNA-nya adalah motor legendaris Yamaha di luar negeri yaitu Yamaha Serow250 (XT250) Mountain Trail merupakan garis keturunan penjelajah (Enduro Adventure Bike) dan bisa disebut juga SUV Sports Bike atau motor yang tangguh di berbagai medan.

Mesin Scorpio sangat spesial karena basisnya Yamaha Serow XT250 yang memang didesain untuk motor penjelajah sehingga memiliki torsi dan power yang luar biasa. Monocross suspension yang terdapat pada Scorpio dilahirkan dari dunia motor offroad, mampu meredam getaran dengan sangat baik, nyaman dan empuk baik dalam keseharian maupun petualangan. Yamaha merupakan pionir pertama di dunia yang melahirkan ide tentang konsep suspensi tunggal. Seperti yang diaplikasikan pertama kali pada Yamaha YZ250 dan motor ini langsung jadi juara dunia di kompetisi internasional. Setelah itu kompetitior mengikuti ide suspensi tunggal Yamaha ini dengan lahirnya sistem Uni-Trak Kawasaki tahun 1979, sistem Pro-Link Honda di tahun 1981 dan sistem Full-Floater Suzuki tahun 1981.

Keistimewaan Scorpio lainnya adalah penggunaan Double Cradle Chassis dimana ide dasarnya adalah menciptakan motor dengan handling yang superior di segala medan dengan cara menggabungkan konstruksi sasis legendaris RX-King yang terbukti tangguh dan lincah di jalan raya, dengan suspensi Monocross yang terbukti tangguh di medan offroad serta mesin berbasis Yamaha Serow250.

Cirinya konstruksi rangkanya seperti memeluk mesin yang membuatnya lebih kokoh dalam menahan guncangan sehingga dengan segala keunggulan itu membuat Scorpio jadi kendaraan yang dapat diandalkan untuk aktivitas keseharian dan petualangan. Serta saat ini jadi favorit para modifikator karena konstruksi, sasis, monokrom dan mesinya yang mudah untuk dimodifikasi dan juga tampil gagah contohnya bisa jadi supermoto dan klasik (Deus ex Machina Indonesia).

Tiga Generasi Scorpio

Scorpio-G (2002-2004) : Merupakan RX-King versi 4 tak yang tenaganya bengis dan responsif seperti RX-King. Ciri khasnya lampu depannya model kotak dan tangkinya kotak seperti RX-King. Adapun mesin Scorpio-G masih diimpor utuh dari Jepang. Saat ini menjadi model yang langka karena jumlahnya hanya sebesar 4% dari total motor Scorpio yang pernah diproduksi.

Scorpio Z (2005-2010) : Ada perubahan dimana tangkinya jadi modern dan revolusi bentuknya lebih berotot, bentuk lampunya jadi bulat. Perubahan ini diminati konsumen sehingga penjualannya naik 400 %.

New Scorpio Z (2010-2013) : Perombakan total desain bodi dimana desainnya lebih gagah dan berotot dengan desain lampu yang iconic yang dicirikan dengan adanya mahkota (visor) juga tanda layaknya Raja dimana ada logo Yamaha di lampu senjanya yang terinspirasi dari motor besar Yamaha FZ8.

autos.okezone.com



Bagikan :


Copyright © 2013. Majalah Otomotif Online | Template by Full Blog Design | Proudly powered by Blogger
Majalah Otomotif Online
Prokimal Raya Kotabumi, North Lampung, Lampung, Indonesia ID-LA