Viar Cross X 250 SE adalah produk sepeda motor trail buatan pabrikan otomotif lokal, Viar. Motor trail yang didukung Special Engine (SE) ini dibanderol dengan harga jauh dibawah kompetitornya, yaitu pada angka Rp 32,6 juta. Sepeda motor ini menggunakan mesin empat langkah berkapasitas 249,6cc, memiliki silinder tunggal, SOHC. |
Viar Cross X 250 SE. |
Jika Anda penggemar petualangan (adventure), tapi terbentur dana untuk membeli sepeda motornya, Viar Motor Indonesia (VMI) menyiapkan alternatif dengan meluncurkan Viar Cross X 250 SE (special engine). Inilah trail advance rakitan Indonesia yang akan bersaing di niche market dengan harga yang lebih terjangkau.
Secara kubikasi, di kelasnya, Viar Cross X 250 SE akan berhadapan dengan Kawasaki KLX 250 atau Yamaha WR250 yang juga baru diluncurkan. Namun kedua produk Jepang itu dibanderol lebih dari Rp 50 juta. Bahkan WR250 melambung di hampir Rp 100 juta. Bandingkan dengan trail Viar ini yang hanya meluncur di angka Rp 32,6 juta. Jika ingin menambah lampu depan (khusus untuk yang ingin berpetualang malam hari), cukup tambah Rp 500 ribu. Beda secara kelas memang, namun untuk pilihan, cukup bisa dipertimbangkan. "Ada peluang cukup besar di segmen ini, khususnya untuk apra penghobi trail adventure. Buat orang-orang yang memerlukan produk dengan kemampuan lebih tangguh untuk mengatasi berbagai medan, produk ini bisa menjadi pilihan," ujar AZ Dalie, Deputy Director Marketing VMI dalam peluncuran di Pabrik Viar di Kawasan Industri Bukit Semarang Baru, Semarang, (22/2/2014).
Optimisme Viar dengan hadirnya model ini cukup tinggi. Dari jajaran model trail, segmen 250 cc akan melengkapi target menjadi 500 unit per bulan. Komposisinya, 40 persen 150cc, 40 persen 200cc, dan sisanya 250cc yang baru saja diluncurkan. Di awal, VMI hanya menargetkan 100 unit. Namun hingga saat ini pemesanan sudah mencapai 91 unit. Menurut Dalie, target ini akan direvisi untuk mengikuti pemesanan di awal yang cukup tinggi. Jika sukses, model ini juga akan diekspor ke beberapa negara tetangga.
Ini Keunggulan Trail Murah Viar.
Viar Motor Indonesia (VMI) meluncurkan Cross X 250 SE (Special Engine) bukan tanpa alasan. Pasar di segmen trail cukup sepi alias tidak banyak pemain, sementara penggemarnya semakin banyak. Alternatif tunggangan murah namun dengan kemampuan cukup tinggi menjadi semakin dibutuhkan.
Lalu, apa yang ditawarkan Viar untuk Cross X 250 SE menggaet hati penggemar trail adventure? AZ Dalie, Deputy Director Marketing VMI mengatakan bahwa untuk harga Rp 32 jutaan, spesifikasi yang dibawa sudah cukup mendukung untuk menjelajah dengan level ekstrem. "Beberapa kelebihan sudah tersemat di produk ini, antara lain, menggunakan suspensi adjustable (bisa disetel) sesuai kebutuhan. Suspensi depan upside down, sementara belakang monosok. Rebound bisa diatur dengan cara menambah atau mengurangi nitrogen pada akumulator," kata Dalie saat peresmian Cross X 250 SE di Semarang, (22/2/2015)
Penyempurnaan
Dibeberkan lebih dalam, pendinginan mesin sudah menggunakan radiator. Sementara sasis memakai model twin spar dengan model delta box. Ini berbeda dengan seri-seri Viar sebelumnya, diyakini akan lebih stabil dan mampu meredam getaran lebih baik. Mesin mendapat penyempurnaan dibandingkan tipe pendahulu. Selain adanya radiator, juga sudah dilengkapi pendingin oli. Kipas ekstra untuk membantu pendinginan sirkulasi air.
Kubikasi mesin 249,6cc, silinder tunggal, SOHC, 4 langkah. Tenaga yang disemburkan mencapai 25,4 tk @9.000 rpm dan torsi maksimal mencapai 23 Nm @7.000 rpm. Transmisi manual lima percepatan. Kapasitas tangki bahan bakar 6,7 liter, cukup untuk jarak menengah di hutan.
Rem cakram depan-belakang berukuran sama, 240mm. Berat kosong 126 kg. Ukuran ban depan 90/100R21, sementara belakang 110/100R18. Sementara dimensi panjang X lebar X tinggi adalah 2.120 X 810 X 1.250.
Meski demikian, sepeda motor ini masih menggunakan teknologi karburator. Selain untuk efisiensi harga, teknologi ini juga tidak rumit dan lebih familiar.
otomotif.kompas.com
Bagikan : | Tweet |