Jumat, 22 Juni 2012



: Posted on Jumat, 22 Juni 2012 - 18.42

Aprilia SRV 850
Skutik Italia Kaya Fitur Pengaman Aktif

Aprilia memastikan segera memproduksi generasi terbaru SRV850 dilengkapi dengan fitur keamanan aktif anti-lock braking system (ABS) dan Automatic Traction Control (ATC). Skuter matik ini menjadi produk ketiga dari Piaggio Group yang menggunakan teknologi tersebut setelah sebelumnya pada Piaggio BV350 dan Piaggio X10.

Teknologi ABS pada SRV850 menggunakan sensor yang diaplikasi pada rem cakram depan. Sensor ini menangkap kecepatan putaran roda yang bila kecepatan, ECU (electronic control unit) akan mengatur tekanan pada sistem hidrolis rem, mencegah terjadinya penguncian pada piringan cakram.

Sedangkan ATC berkerja hampir mirip dengan ABS. Jadi, ketika roda belakang berputar lebih cepat dari roda depan, ini menandai terjadi "wheel slip". Unit kontrol traksi lantas mengatur pengapian dan waktu penyemprotan untuk mengatur torsi agar roda belakang tidak kehilangan daya cengkeram. Untuk fitur ini, Aprilia menyediakan dua jenis penggunaan yakni sport dan standar dengan tombol aktivasi pada setang kanan. Tipe sport disiapkan bagi mereka yang senang "agresif" sedangkan "standar" untuk kegunaan sehari-hari. Cocok untuk turing atau komuter dengan jarak tempuh menengah sampai jauh.

Aprilia SRV850 ABS-ATC masih dibekali mesin yang sama 839,3 cc bertenaga 76,5 PS pada 7.750 rpm dan torsi 76,3 Nm pada 6.000 rpm. Perbedaan dengan model standar, hanya ada pada bobotnya yakni 551 pound (249,9 kg) dari sebelumnya cuma 549 pound (249,02 kg). Belum ada kepastikan kapan Aprilia berencana meluncurkan ERV850, tapi kabarnya untuk Amerika Utara, baru tahun depan.

otomotif.kompas.com


Bagikan :


Copyright © 2013. Majalah Otomotif Online | Template by Full Blog Design | Proudly powered by Blogger
Majalah Otomotif Online
Prokimal Raya Kotabumi, North Lampung, Lampung, Indonesia ID-LA